SITEPAT JOGJA

  • OUTLET MOTOR TEPAT DAN TERPERCAYA
  • jl.seturan raya, seturan square no 2 (selatan MM Hotel)
  • jl. kol adi sucipto (depan kimia farma)
  • jl affandi CI IX no. (utara alpha mart mrican)
  • beli ban gratis kaos

Senin, 27 Agustus 2012

MANFAAT NITROGEN PADA BAN

kebanyakan orang belum mengetahui keuntungan ban menggunakna nitrogen.  TAUKAH ANDA ???nitrogen banyak manfaatnya,. Karena kandungan airnya sangat rendah, pelek tidak cepat berkarat. Karena tekanannya stabil, daya tahan ban lebih baik.
Khusus untuk sepeda motor, masih banyak anggapan kurang tepat  terkait dengan nitrogen. Berikut anggapan tersebut dan kenyataan: 
1. Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari . Fakta, justru membuktikan, dengan nitrogen pelek tidak cepat berkarat.
2. Dengan mengisi nitrogen, ban jarang kempes. Asumsi tersebut benar. Kandungan air pada nitrogen sangat rendah sehingga tekanan bisa stabil pada berbagai kondisi (suhu).
3. Ban lebih awet. Benar!  Hal tersebut diperoleh karena tekanan ban stabil, tidak mudah memuai dan benjol karena benturan. Keretakan pada ban bisa diantisipasi
4. Nitrogen hanya untuk ban tubeless. Salah! Pada dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil. Ban dengan ban dalam justru lebih cocok menggunakan nitrogen yang stabil atau tidak akan memuai.
5. Nitrogen membuat sepeda motor ringan. Tidak sepenuhnya benar! nitrogen lebih ringan  5%  dari udara biasa.

Tips
1. Ketika akan mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin yang lama secara menyeluruh. Tujuannya untuk mencegah molekul gas yang tediri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur dengan udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil dari ban. Alat untuk membuang angin biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisi nitrogen.
2. Tekanan nitrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. Sesuaikan tekanan dengan medan yang akan dilalui. Jika banyak lubang dan panas, tekanan sebaiknyadikurangi.
3. Periksa tekanan setiap 5-7 hari. Lebih baik menguras total nitrogen ketimbang hanya menambah saja!


kapankah harus ganti ban??

terkadang masih banyak pengguna sepeda motor mengabaikan kondisi ban yang sudah aus atau tidak layk pakai, padahal ban adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan. karena Bagian inilah yang selalu bersentuhan dengan jalan sekaligus menjadi tumpuan beban yang dibawa dan bobot kendaraan.

Berikut ciri-ciri ban yang wajib diganti:
1. Paling gampang, memeriksa ketebalan kembang ban. Jika sudah botak atau halus (kembang sudah hampir sejajar batas dasar ban), wajib diganti! Ban botak rawan selip pada permukaan jalan basah atau berpasir. Karena botak, hambatan gelinding makin besar (boros bahan bakar). Paling riskan, karena hambatan geseknya bertambah, telapak ban cepat panas (nantinya menjalar ke dinding). Nah, kondisi terakhir membuatnya makin mudah meletus saat mobil terus dikebut. Kemampuan mobil berhenti saat direm mendadak dengan ban seperti ini juga berkurang.
2. Kembang tidak merata. Salah satu sisi tipis dan lain tebal. Hal tersebut terjadi karena sudut-sudut keselarasan roda depan atau setir sudah tidak normal dan harus di-spooring. Kalau bagian tengah yang botak, berarti tekanan ban terlalu tinggi. Sebaliknya, kalau bagian pinggir yang botak, berarti tekanan angin sering rendah. Juga ada kondisi botak setempat. Untuk itu, tidak hanya spooring yang harus dilakukan, bila perlu sokbreker diganti.
3. Pernah ditambal atau bocor. Masih bisa ditoleransi, dianjurkan untuk mengurangi kecepatan. Ban yang sudah pernah bocor, khususnya ban dalam, rawan bocor lagi dan tentu saja membahayakan. 
4. Karet. Jika ada bagian yang retak-retak, berarti karet sudah mengeras atau tidak elastis. Karena perjalanan jauh dan muatannya banyak, disarankan untuk mengganti.
5. Benjol. Ketika menghajar lubang cukup besar, ban bisa saja benjol karena serat atau kawat di lapisan dalamnya sobek. Jika diteruskan, benjolan ini akan semakin besar dan risikonya kecelakaan (pecah ban).
6. Warna pudar atau menjadi abu-abu. Penyebabnya, berarti sering kena panas. Saran, sebaiknya juga diganti!

Rabu, 22 Agustus 2012

CARA MERAWAT AKI


1. MENGISI CAIRAN YANG PERTAMA KALI PADA AKI

Isilah accu zuur ( H2SO4 ) dengan berat jenis 1.260 pada temperatur 20o C

Buka perekatnya

Isi dengan accu Zuur dengan b.j 1260, 20 c

Jangan gunakan air aki untuk pengisian pertama

PERHATIAN !
Untuk pengisian pertama jangan di isi dengan AIR AKI, AIR SULINGAN , atau cairan lain

 
2. MENAMBAH CAIRAN PADA AKI LAMA DAN AKI BARU.
Jika tinggi permukaan air sudah pada “Lower Level”

Tambahkan segera dengan air Aki dan jangan dengan air lainnya.

Tambahkan sampai pada upper level

Selama pemakaian, tinggi permukaan elektrolit ( accu zuur ) akan turun, karena air akan terelektrolisa pada saat pengisian muatan listrik. Oleh karena itu periksa tinggi permukaan elektrolit. Jika kurang tambahkan dengan air suling ( air accu ).

Air yang di gunakan untuk menambah elektrolit harus air suling ( air aki ), sampai batas indikator permukaan yaitu di bawah lubang pengisi atau sampai tanda " UPPER LEVEL " Jangan menambah elektrolit dengan air ledeng atau air sumur karena akan merusak aki.

Jangan sekali - kali menambah elektrolit ( accu zuur ), karena akan mengakibatkan berat jenis elektrolit terlalu tinggi dan akan mengurangi umur aki.

Jangan menunda mengisi air sampai permukaan elektrolit turun sedemikian rupa sehingga plat positif dan negatif muncul diatas permukaan elektrolit atau dibawah " LOWER LEVEL ", Hal ini akan mengakibatkan plat memutih sehingga tidak dapat berfungsi lagi.

PERHATIAN !
Jangan gunakan air-air ini (accu zuur, air sumur, air ledeng), karena dapat merusak cell pada aki

3. JAGALAH KEBERSIHAN AKI 
Bersihkan terminal aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah dan bubuhkan vaselin. Karena jika kotor / berkarat, akan berakibat kendaraan susah distarter.
 
Periksa pengikat aki untuk memastikan aki tidak lepas. Jika pengikat aki rusak, diganti yang baru.
Berikan vaseline pada terminal Aki agar tidak mudah berkarat

Periksa pengait aki. Jika rusak segera ganti dengan yang baru

Bersihkan terminal Aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah

4. MENAMBAH MUATAN LISTRIK ATAU PENYETRUMAN ULANG
Aki yang telah diisi elektrolit ( accu zuur ) harus selalu dijaga dalam keadaan bermuatan listrik. Karena berbagai gangguan seperti sulfatasi, akan terjadi jika aki di diamkan lama dalam keadaan tidak bermuatan listrik. ( discharge ).

Untuk memeriksa keadaan muatan listrik melalui :

- Ukur berat jenis elektrolit jika turun dibawah 1.200 pada 20o C, maka aki perlu mendapat tambahan pengisian muatan listrik.
- Untuk aki kecil dimana elektrolit sedikit sehingga tidak dapat di ukur, maka keadaan muatan listrik dapat ditentukan dengan memasang lampu depan atau klakson. Jika lampu redup dan klakson lemah, maka aki perlu diisi muatan listrik.

Jadwal kita ganti oli

     Oli adalah sebuah mesin pelumas pada kendaraan bermotor. Oli sangat penting bagi motor karena oli itu berguna untuk melumasi mesin pada motor.Jika tidak oli maka kinerja motor tidak bisa maksimal.
Untuk jadwal pergantiaan oli  tergantung anda berada didaerah mana ? kalau daerah rawan macet minumum 2.500 km. ( atau min 1 bulan )Pokoknya kalau udah enggak enak dipakai ya ganti aja olinya. Kalau didaerah desa juga sama 2.500 (min). Ohya jangan pernah anda meremekan tentang oli yaaa.
kalau oli anda habis,motor yang anda pakai bisa macet dan tentunyan ada sistem yang rusak pada motor,Mungkin piston atau seker, Gantilah oli yang sesuai SAE motor anda ..

Mesin otomatis

Ini dia mesin otomatis yang kita pakai. Dengan mesin ini ban anda tidak akan lecet atapun penyok di pelek. Dan hanya dengan 15 menit ban anda sudah terpasang kembali. 

Ohya beli ban ke sitepat dapat gratis Nitrogen

PROMO AKI

Ada promo nih buat teman teman  
TUKAR TAMBAH AKI 
 (aki lama anda kami hargai )
BASAH RP 20.000
KERING RP 30.000
BERGARANSI

Persiapan sebelum membeli ban

1.Lihat kondisi lingkungan dulu. Dimana faktor itu sangat penting bagi kenyamaan berkendara ..apakah anda berada di dekat pegunungan atau dipesisir pantai.
2.Cuacah juga sangat penting, misal kalau lagi cuacah hujan pilih ban yang sesuai dengan kondisi hujan,salah ban akan berakibat fata.
3.Periksa dulu uang anda dan tanyain dulu harga yang ada ditoko, supaya anda tidak kaget ketika ban yang anda mau beli sudah berubah harga .
4. Lihatlah ban dulu sebelum dipasang apa ban ada goresan,jika ada langsung tukar dengan yang baru .

profil Sitepat

Sitepat adalah sebuah bengkel perawatan motor ,menyediakan berbagai macam kebutuhan anda dibidang motor. ( Ban ,aki ,oli ). Kami menyediakan berbagai macam ban dengan harga terjangkau, dan juga berbagai macam oli 4T dan 2 Tn ,tak lupa kami menyediakan aki kering ,aki basah dan suku cadang yang lain.
     Diyogyakarta kami sudah ada 7 outlate diantaranya adalah :

1.Sitepat gejayan : Jl. Affandi No 40 (depan MIROTA )(0274) -545892
2. Sitepat seturan : Jl.Seturan raya ruko no 1 (0274)-488454
3. Sitepat Jakal : Jl kaliurang Km 4,5 (timur MM UGM )(0274)-9430816
4. Sitepat Ambarukmo : Jl.Laksda Adisucipto no 17 (ambarukmo) (0274) -21 04301
5. Sitepat Semaki : Jl Kusumanegara nomer  171 timur TMP (0274)9581085
6.Sitepat Gejayan 2 :Jl.CT IX no 23 Mrican (0274) 552535
7. Sitepat Seturan 2 : Jl.Raya seturan (selatan MM hotel )