kebanyakan orang belum mengetahui keuntungan ban menggunakna nitrogen. TAUKAH ANDA ???nitrogen banyak manfaatnya,. Karena kandungan airnya sangat rendah, pelek tidak cepat berkarat. Karena tekanannya stabil, daya tahan ban lebih baik.
Khusus untuk sepeda motor, masih banyak anggapan kurang tepat terkait dengan nitrogen. Berikut anggapan tersebut dan kenyataan:
1. Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari . Fakta, justru membuktikan, dengan nitrogen pelek tidak cepat berkarat.
2. Dengan mengisi nitrogen, ban jarang kempes. Asumsi tersebut benar. Kandungan air pada nitrogen sangat rendah sehingga tekanan bisa stabil pada berbagai kondisi (suhu).
3. Ban lebih awet. Benar! Hal tersebut diperoleh karena tekanan ban stabil, tidak mudah memuai dan benjol karena benturan. Keretakan pada ban bisa diantisipasi
4. Nitrogen hanya untuk ban tubeless. Salah! Pada dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil. Ban dengan ban dalam justru lebih cocok menggunakan nitrogen yang stabil atau tidak akan memuai.
5. Nitrogen membuat sepeda motor ringan. Tidak sepenuhnya benar! nitrogen lebih ringan 5% dari udara biasa.
Tips
1. Ketika akan mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin yang lama secara menyeluruh. Tujuannya untuk mencegah molekul gas yang tediri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur dengan udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil dari ban. Alat untuk membuang angin biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisi nitrogen.
2. Tekanan nitrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. Sesuaikan tekanan dengan medan yang akan dilalui. Jika banyak lubang dan panas, tekanan sebaiknyadikurangi.
3. Periksa tekanan setiap 5-7 hari. Lebih baik menguras total nitrogen ketimbang hanya menambah saja!
Senin, 27 Agustus 2012
kapankah harus ganti ban??
terkadang masih banyak pengguna sepeda motor mengabaikan kondisi ban yang sudah aus atau tidak layk pakai, padahal ban adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan. karena Bagian inilah yang selalu bersentuhan dengan jalan sekaligus menjadi tumpuan beban yang dibawa dan bobot kendaraan.
Berikut ciri-ciri ban yang wajib diganti:
1. Paling gampang, memeriksa ketebalan kembang ban. Jika sudah botak atau halus (kembang sudah hampir sejajar batas dasar ban), wajib diganti! Ban botak rawan selip pada permukaan jalan basah atau berpasir. Karena botak, hambatan gelinding makin besar (boros bahan bakar). Paling riskan, karena hambatan geseknya bertambah, telapak ban cepat panas (nantinya menjalar ke dinding). Nah, kondisi terakhir membuatnya makin mudah meletus saat mobil terus dikebut. Kemampuan mobil berhenti saat direm mendadak dengan ban seperti ini juga berkurang.
2. Kembang tidak merata. Salah satu sisi tipis dan lain tebal. Hal tersebut terjadi karena sudut-sudut keselarasan roda depan atau setir sudah tidak normal dan harus di-spooring. Kalau bagian tengah yang botak, berarti tekanan ban terlalu tinggi. Sebaliknya, kalau bagian pinggir yang botak, berarti tekanan angin sering rendah. Juga ada kondisi botak setempat. Untuk itu, tidak hanya spooring yang harus dilakukan, bila perlu sokbreker diganti.
3. Pernah ditambal atau bocor. Masih bisa ditoleransi, dianjurkan untuk mengurangi kecepatan. Ban yang sudah pernah bocor, khususnya ban dalam, rawan bocor lagi dan tentu saja membahayakan.
4. Karet. Jika ada bagian yang retak-retak, berarti karet sudah mengeras atau tidak elastis. Karena perjalanan jauh dan muatannya banyak, disarankan untuk mengganti.
5. Benjol. Ketika menghajar lubang cukup besar, ban bisa saja benjol karena serat atau kawat di lapisan dalamnya sobek. Jika diteruskan, benjolan ini akan semakin besar dan risikonya kecelakaan (pecah ban).
6. Warna pudar atau menjadi abu-abu. Penyebabnya, berarti sering kena panas. Saran, sebaiknya juga diganti!
Berikut ciri-ciri ban yang wajib diganti:
1. Paling gampang, memeriksa ketebalan kembang ban. Jika sudah botak atau halus (kembang sudah hampir sejajar batas dasar ban), wajib diganti! Ban botak rawan selip pada permukaan jalan basah atau berpasir. Karena botak, hambatan gelinding makin besar (boros bahan bakar). Paling riskan, karena hambatan geseknya bertambah, telapak ban cepat panas (nantinya menjalar ke dinding). Nah, kondisi terakhir membuatnya makin mudah meletus saat mobil terus dikebut. Kemampuan mobil berhenti saat direm mendadak dengan ban seperti ini juga berkurang.
2. Kembang tidak merata. Salah satu sisi tipis dan lain tebal. Hal tersebut terjadi karena sudut-sudut keselarasan roda depan atau setir sudah tidak normal dan harus di-spooring. Kalau bagian tengah yang botak, berarti tekanan ban terlalu tinggi. Sebaliknya, kalau bagian pinggir yang botak, berarti tekanan angin sering rendah. Juga ada kondisi botak setempat. Untuk itu, tidak hanya spooring yang harus dilakukan, bila perlu sokbreker diganti.
3. Pernah ditambal atau bocor. Masih bisa ditoleransi, dianjurkan untuk mengurangi kecepatan. Ban yang sudah pernah bocor, khususnya ban dalam, rawan bocor lagi dan tentu saja membahayakan.
4. Karet. Jika ada bagian yang retak-retak, berarti karet sudah mengeras atau tidak elastis. Karena perjalanan jauh dan muatannya banyak, disarankan untuk mengganti.
5. Benjol. Ketika menghajar lubang cukup besar, ban bisa saja benjol karena serat atau kawat di lapisan dalamnya sobek. Jika diteruskan, benjolan ini akan semakin besar dan risikonya kecelakaan (pecah ban).
6. Warna pudar atau menjadi abu-abu. Penyebabnya, berarti sering kena panas. Saran, sebaiknya juga diganti!
Rabu, 22 Agustus 2012
CARA MERAWAT AKI
1. MENGISI CAIRAN YANG PERTAMA KALI PADA AKI
Isilah accu zuur ( H2SO4 ) dengan berat jenis 1.260 pada temperatur 20o C
Buka perekatnya
Isi dengan accu Zuur dengan b.j 1260, 20 c
Jangan gunakan air aki untuk pengisian pertama
PERHATIAN !
Untuk pengisian pertama jangan di isi dengan AIR AKI, AIR SULINGAN , atau cairan lain
2. MENAMBAH CAIRAN PADA AKI LAMA DAN AKI BARU.
Jika tinggi permukaan air sudah pada “Lower Level”
Tambahkan segera dengan air Aki dan jangan dengan air lainnya.
Tambahkan sampai pada upper level
Selama pemakaian, tinggi permukaan elektrolit ( accu zuur ) akan turun,
karena air akan terelektrolisa pada saat pengisian muatan listrik. Oleh
karena itu periksa tinggi permukaan elektrolit. Jika kurang tambahkan
dengan air suling ( air accu ).
Air yang di gunakan untuk
menambah elektrolit harus air suling ( air aki ), sampai batas indikator
permukaan yaitu di bawah lubang pengisi atau sampai tanda " UPPER LEVEL
" Jangan menambah elektrolit dengan air ledeng atau air sumur karena
akan merusak aki.
Jangan sekali - kali menambah elektrolit
( accu zuur ), karena akan mengakibatkan berat jenis elektrolit terlalu
tinggi dan akan mengurangi umur aki.
Jangan menunda
mengisi air sampai permukaan elektrolit turun sedemikian rupa sehingga
plat positif dan negatif muncul diatas permukaan elektrolit atau dibawah
" LOWER LEVEL ", Hal ini akan mengakibatkan plat memutih sehingga tidak
dapat berfungsi lagi.
PERHATIAN !
Jangan gunakan air-air ini (accu zuur, air sumur, air ledeng), karena dapat merusak cell pada aki
3. JAGALAH KEBERSIHAN AKI
Bersihkan terminal aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah
dan bubuhkan vaselin. Karena jika kotor / berkarat, akan berakibat
kendaraan susah distarter.
Periksa pengikat aki untuk memastikan aki tidak lepas. Jika pengikat aki rusak, diganti yang baru.
Berikan vaseline pada terminal Aki agar tidak mudah berkarat
Periksa pengait aki. Jika rusak segera ganti dengan yang baru
Bersihkan terminal Aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah
4. MENAMBAH MUATAN LISTRIK ATAU PENYETRUMAN ULANG
Aki yang telah diisi elektrolit ( accu zuur ) harus selalu dijaga dalam
keadaan bermuatan listrik. Karena berbagai gangguan seperti sulfatasi,
akan terjadi jika aki di diamkan lama dalam keadaan tidak bermuatan
listrik. ( discharge ).
Untuk memeriksa keadaan muatan listrik melalui :
- Ukur berat jenis elektrolit jika turun dibawah 1.200 pada 20o C, maka aki perlu mendapat tambahan pengisian muatan listrik.
- Untuk aki kecil dimana elektrolit sedikit sehingga tidak dapat di
ukur, maka keadaan muatan listrik dapat ditentukan dengan memasang lampu
depan atau klakson. Jika lampu redup dan klakson lemah, maka aki perlu
diisi muatan listrik.
Jadwal kita ganti oli
Untuk jadwal pergantiaan oli tergantung anda berada didaerah mana ? kalau daerah rawan macet minumum 2.500 km. ( atau min 1 bulan )Pokoknya kalau udah enggak enak dipakai ya ganti aja olinya. Kalau didaerah desa juga sama 2.500 (min). Ohya jangan pernah anda meremekan tentang oli yaaa.
kalau oli anda habis,motor yang anda pakai bisa macet dan tentunyan ada sistem yang rusak pada motor,Mungkin piston atau seker, Gantilah oli yang sesuai SAE motor anda ..
Mesin otomatis
PROMO AKI
Persiapan sebelum membeli ban
2.Cuacah juga sangat penting, misal kalau lagi cuacah hujan pilih ban yang sesuai dengan kondisi hujan,salah ban akan berakibat fata.
3.Periksa dulu uang anda dan tanyain dulu harga yang ada ditoko, supaya anda tidak kaget ketika ban yang anda mau beli sudah berubah harga .
4. Lihatlah ban dulu sebelum dipasang apa ban ada goresan,jika ada langsung tukar dengan yang baru .
profil Sitepat
Diyogyakarta kami sudah ada 7 outlate diantaranya adalah :
1.Sitepat gejayan : Jl. Affandi No 40 (depan MIROTA )(0274) -545892
2. Sitepat seturan : Jl.Seturan raya ruko no 1 (0274)-488454
3. Sitepat Jakal : Jl kaliurang Km 4,5 (timur MM UGM )(0274)-9430816
4. Sitepat Ambarukmo : Jl.Laksda Adisucipto no 17 (ambarukmo) (0274) -21 04301
5. Sitepat Semaki : Jl Kusumanegara nomer 171 timur TMP (0274)9581085
6.Sitepat Gejayan 2 :Jl.CT IX no 23 Mrican (0274) 552535
7. Sitepat Seturan 2 : Jl.Raya seturan (selatan MM hotel )
Langganan:
Postingan (Atom)